Gejala Penyakit Tifus
Uncategorized

Gejala Penyakit Tifus

Tifus (tipes) ialah penyakit yang diakibatkan oleh Menurut http://agent88bet.co/ bakteri (terutama Rickettsia typhi atau R. prowazekii). Ada dua macam tufus utama : typus endemik (atau murine) dan epidemik tifus. Bakterinya kecil dan paling sulit guna diolah; Awalnya mereka dirasakan virus. Penyakit ini terjadi sesudah bakteri (Rickettsia spp.) Dipindahkan ke manusia seringkali oleh vector laksana kutu atau kutu yang sudah mengakuisisi bakteri darifauna seperti tikus, kucing, oposum, raccoon, dan fauna lainnya. Tifus endemik (terutama diakibatkan oleh R. typhi)pun disebut murine typhus dan “jail fever.” “Tifus endemik”pun berarti bahwa wilayah atau distrik mempunyai populasi fauna (biasanya tikus, tikus, atau tupai) yang mempunyai populasi penduduknya terus-menerus terinfeksi R. typhi sehingga melewati vektor kutu bisa menginfeksi insan secara tidak sengaja.

Gejala Penyakit Tifus
Gejala Penyakit Tifus

Tifus tifoid (disebabkan oleh R. prowazekii) ialah bentuk tifus yang lebih parah. Ini pun disebut tipus rekrudis atau sporadis. “Tifus epidemik” pun berarti bahwa sejumlah hewan, (biasanya tikus) melewati vektor kutu, secara kebetulan bisa menginfeksi sebanyak besar insan dengan cepat saat situasi lingkungan tertentu muncul (kebersihan, kemiskinan, situasi manusia yang buruk) dengan lebih patogen R. Prowazekii Tifus epidemik memiliki format yang lebih enteng yang dinamakan penyakit Brill-Zinsser, yang terjadi saat bakteri R. prowazekii mengaktifkan berpulang kepada orang yang sebelumnya terinfeksi dengan tifus epidemik.

Gejala

Gejala tifus epidemik meliputi :

Panas dingin

Kebingungan

Batuk

Demam tinggi

Nyeri sendi (artralgia)

Cahaya lampu yang tampak paling terang; terasa perih di mata

Tekanan darah rendah

Ruam yang dibuka di dada dan menyebar ke unsur tubuh lainnya (kecuali telapak tangan dan telapak kaki)

Sakit kepala parah

Nyeri otot parah (mialgia)

Stupor

Ruam awal ialah warna mawar enteng dan memudar ketika Anda menekannya. Belakangan, ruam menjadi kusam dan merah dan tidak luntur. Orang dengan tifus parah pun dapat mengembangkan lokasi perdarahan kecil ke dalam kulit (petechiae)

Penyebab tifus

Tifus tidak ditularkan dari orang ke orang laksana flu. Ada tiga jenis tifus yang berbeda, dan setiap jenis diakibatkan oleh jenis bakteri yang bertolak belakang dan ditransmisikan oleh jenis arthropoda yang berbeda.

Epidem

Tipe ini diakibatkan oleh Rickettsia prowazekii dan diangkut oleh tubuh kutu, dan mungkin pun kutu. Hal ini bisa ditemukan di semua dunia, tergolong di Amerika Serikat, namun seringkali ditemukan di wilayah dengan populasi tinggi dan sanitasi yang buruk, di mana situasi mempromosikan kutu kutu.

Tifus endemic

Atau dikenal sebagai murine typhus, jenis ini diakibatkan oleh Rickettsia typhi dan diangkut oleh kutu tikus atau kutu kucing. Tifus endemik bisa ditemukan di semua dunia. Dapat ditemukansalah satu orang-orang yang bersangkutan dekat dengan tikus.

Kutu menjadi pembawa bakteri ketika mereka memakan darah orang yang terinfeksi (tifus epidemik) atau fauna pengerat yang terinfeksi (salah satu dari tiga format tipus yang dilafalkan di atas).

Jika kita bersentuhan dengan arthropoda pembawa bakteri ini (misalnya, dengan istirahat di seprai yang diisi kutu), Anda dapat terinfeksi dalam sejumlah cara. Bakteri, di samping ditularkan melewati kulit kita dengan gigitannya, juga dapat ditularkan melewati kotorannya. Jika kita menggores kulit di atas lokasi di mana kutu atau tungau sudah menyusui, bakteri dalam kotoran mereka dapat menginjak aliran darah Anda melewati luka kecil di kulit Anda.

Mendiagnosis tifus

Jika Anda mengasumsikan Anda menderita tipus, dokter Anda bakal menanyakan fenomena dan riwayat kesehatan Anda. Untukmenolong diagnosis, beritahu dokter Anda andai Anda: Tinggal di lingkungan yang sarat sesak

Tahu mengenai wabah tipus di komunitas Anda

Telah bepergian ke luar negeri baru-baru ini

Diagnosisnya susah karena fenomena umum terjadi pada penyakit menular lainnya, diantaranya:

Malaria, penyakit menular yang disebarkan oleh nyamuk

Brucellosis, penyakit menular yang diakibatkan oleh spesies bakteri Brucella

Tes diagnostik untuk memahami adanya tifus mencakup :

Biopsi kulit: sampel kulit dari ruam Anda bakal diuji di laboratoriumWestern blot: tes guna mengidentifikasi adanya tipusUji imunofluoresensi: memakai pewarna fluorescent guna mendeteksi antigen tipus pada sampel serum yang dipungut dari aliran darahTes darah lainnya: hasilnya dapat menunjukkan adanya infeksi.

Sekian dan terimakasih semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua

Leave a Reply

Required fields are marked*